Monday, January 12, 2009

Semuanya Pasti Berkaitan dengan Raditya Dika

Nih dia postingan perdana gw di blog TomiOng ini. Selamat Membaca!


Dari jaman doi masih ngeblog sampe sekarang, Raditya Dika emang terkenal dah. Bedanya, sekarang lebih terkenal lagi. Gw sendiri sebenarnya bukan penggemar beratnya, biasa aja. Di kelas gw ada tuh penggemar yang terlalu fanatik sampe-sampe setiap ada kesempatan, nggak peduli waktunya pas atau nggak, selalu nih anak baca buku Kambing Jantan (biasa), Kambing Jantan (komik), Cinta Brontosaurus, Radikus Makan Kakus, sama Babingesot. Sebut saja namanya Pandu. Kenapa? Ya emang namanya gitu. Jangan salahin gw, kalo mau tanya aja sama emaknya.
Back to topic, di sekolah, Pandu ngambil ekskul 3 biji. Ada multimedia, angklung, sama paduan suara. Beda banget sama gw–yang nggak ikut ekskul satu pun–. Tapi, jangan kira nih anak konsen di setiap ekskulnya. Tiap pembina ekskul lagi jelasin sesuatu, Pandu sama sekali nggak perhatiin ke situ. Dia malah asik-asikan ketawa kayak orang gila sambil baca bukunya Raditya Dika. (Untuk memudahkan gw ngetik, untuk selanjutnya Raditya Dika gw singkat jadi Bang Dika.)
Untuk mengikuti jejak idolanya, Pandu juga ngeblog! Di bagian pinggir blog ini ada kok link ke blognya. Bagaimana gaya bahasa di dalam postingannya? Ya, pasti udah bisa ketebak lah. Gaya ceritanya sama persis dengan apa yang sudah pernah dipopulerkan Bang Dika. Bahkan, di dalam blognya, Pandu sering nulis kayak begini: “Bang Dika, tolong pilih review saya aja ya.” Seolah-olah dia tuh udah akrab banget sama Bang Dika, padahal kenyataannya kenal aja kagak. Kalo nggak percaya, klik aja linknya. Muntah tidak ditanggung. (To Pandu: Peace man. Just kidding. Just for laugh.)
Gara-gara Pandu, setiap anak di kelas gw secara bergiliran meminjam buku karangan Bang Dika, kecuali gw, soalnya gw udah pernah baca tuh buku semuanya, tapi masing-masing cuma satu kali, nggak kayak Pandu yang sering banget membuat terjadinya dialog seperti ini:

Pandu: (Sambil baca buku Bang Dika dan ketawa cekikikan) Jod, tau nggak? Gw udah baca nih buku lebih dari 10 kali. Tapi masih lucu. Gw masih bisa ketawa. WUAHAHAHAHAHA.
Gw : Itu mah lu nya aja yang lebai.

Parahnya, percakapan seperti itu bukan hanya satu-satunya. Seringkali tanggapan gw sama aja. Kayak percakapan di atas. Tapi sampai di pengulangan percakapan ini yang ke5 kalinya, gw akhirnya mengubah tanggapan gw.

Pandu: (Sambil baca buku Bang Dika dan ketawa cekikikan) Jod, tau nggak? Gw udah baca nih buku lebih dari 10 kali. Tapi masih lucu. Gw masih bisa ketawa. WUAHAHAHAHAHA.
Gw : Perasaan gw, lu udah berapa kali dah ngomong kayak gitu.
P: Masa sih? WUAHAHAHAHAHA. Gw tuh bukannya gak tau gw udah sering ngomong gitu. Gw cuma lupa waktu itu gw ngomong sama siapa. Emangnya sama lu ya? Kayaknya waktu itu gw ngomong sama Ryan deh. (Info: Ryan adalah temen gw dan Pandu yang hampir-nyaris ngikutin Pandu jadi penggemar Bang Dika.)
Gw: Ya udah deh.

Akhirnya gw ngalah juga, soalnya gw kasian aja, nih anak telah menderita amnesia sesaat.
Tadi siang, seperti biasa gw pulang ke rumah bareng-bareng sama temen-temen yang lain, yaitu Pandu, Auli, dan Nico. Kita naek metromini. Seperti biasa, di dalam metromini, Nico, yang notabennya memang ranking 4 di kelas gw, membuka Buku IPS favoritnya sambil belajar dengan sangat serius. Trus seperti biasa, Pandu membaca buku Babingesot. Cuma Auli dan gw yang nganggur alias nggak ngapa-ngapain kecuali ngobrol.
Sebenarnya Nico udah sering ngeliat Pandu baca buku Bang Dika. Tapi hari ini laen. Nico tertarik (baca: sudah menjadi calon pengikut setia Bang Dika) dan memberanikan diri bertanya ke Pandu.

Nico : Pan, itu buku yang lagi lu baca, emangnya tentang apa sih?
Pandu: Oh, ini Nik, tentang pengalaman seseorang gitu deh. Nama penulisnya Raditya Dika. Mau liat?
N: Boleh deh. (Sejenak membaca Babingesot, baru satu halaman aja, ketawanya sudah sanggup terdengar oleh orang budeg sekalipun.)

Beberapa menit kemudian…..
N: Pan, emangnya Raditya Dika pinter yah? Dia sekolah di mana? Di 70? Oh, 70 itu di Bulungan yah.
P: Ho-oh.
N: Trus kalo pinter, kenapa pake belaga bego di setiap tulisannya?
P: Mungkin lagi hilaf kale. Itu kan bwat lucu-lucuan ajah.
N: Oh begitu. Nih buku boleh gw pinjem gak?
P: Boleh. Selamat Membaca!
N: Makasih
P: Tenang aja kale.

Ya, kira-kira begitulah cara maksiat Pandu menyebarkan ajaran sesatnya. Kekesalan gw belum berhenti di situ. Pas turun dari metro mini, tiba-tiba ada seorang–yang gw kira-kirain umurnya setengah abad–teriak dengan kencang.


Orang Aneh: Woy Tong!
Gw : (Nengok) Ada apa ya, Pak? (Sambil bingung apa yang salah. Celana, gak kotor. Rambut, gak terlalu berantakan. Muka, emang dari sononya udah ancur gak begitu ganteng. Apa yang salah coba?)
O : (Dengan bersemangat) Kecil-kecil udah ubanan!
Gw: (Senyum, tapi dalam hati: Sialan! Kirain penting.)

Sebagai cerita penutup postingan kali ini, gw mau ceritain kejadian yang sebenarnya sudah berlangsung 4 hari yang lalu. Ada seorang guru di sekolah kami yang sangat meng-anak-emaskan Pandu, namanya Bu Sri. Saat lewat di depan ruang guru, Pandu dipanggil oleh Bu Sri.

Bu Sri: Pandu, kamu punya novel Halfmoon nggak?
Pandu: Nggak punya Bu. Ibu lagi demen baca?
B: Ya nih.
P: Saya ada buku lain Bu. Bukunya bagus banget.
B: Genrenya apa? Komedi?
P: Ya. Judulnya Kambing Jantan. Karya Raditya Dika.
B: Oh, ya udah. Ibu boleh pinjem nggak?
P: Hmmm.....(Tiba-tiba inget kalo di Kambing Jantan banyak sekali sebuah kata yang terulang hingga 100X lebih. Kata yang agak berbau pornografi. Bagi yang udah pernah baca Kambing Jantan dijamin tau deh.)
B: Kenapa, Pandu?
P: (Bingung mencari alasan supaya Bu Sri nggak jadi minjem Kambing Jantan) Nggak jadi deh Bu. Nggak tau tuh bukunya di mana. Ilang kali.
B: Oh ya udah. Gak apa-apa.


Mungkin itu baru pertama kalinya Pandu tidak meminjamkan buku favoritnya. Dikit-dikit Raditya Dika, dikit-dikit Raditya Dika, Raditya Dika kok cuma sedikit?


3 comments:

  1. gud,,gud,,gud.
    follow baliik yaaah,,
    lo anak 19 kelas brp?

    ReplyDelete
  2. @Shara
    Gw sekelas ama Pandu, 8J a.k.a CASCAVEL

    @Pandu
    Terkenal apaan? Terkenal jeleknya? Wkwkwk...

    ReplyDelete