Thursday, January 22, 2009

Perbandingan umur manusia zaman dahulu dengan sekarang

Buruk muka, cermin dibelah.
Kepala ubanan
Rambut dibelah.

Makin hari, gw liat di kaca, uban gw makin banyak aja. Rambut gw demen banget bertransformasi dari hitam menjadi putih berkilau.

Akhir2 ini, banyak org-baik gw kenal maupun yg belom kenal-ngomong ke gw kayak gini: "kecil2 kok udah ubanan", "lu banyak mikir ya, mikir apaan? Jangan-jangan jangan-jangan neh.....(lanjutan kalimat ini disensor karena emang gak perlu diceritain)", "kalo mau rambut supaya item, cuci aja pake aer got".

Gw sih sejauh ini belum berniat untuk nyemir or ngecat rambut. Soalnya gw nya sih gak apa-apa dan nyaman aja. Tapi gw gak enak aja sama org2 di luar sana yg sudah muak melihat orang tua ubanan yg nyamar jadi anak kecil bego (alias Shinici Kudo versi Indonesia, yaitu: Kelinci Kuda).

Gw juga kasian sama org2 di istana negara, istana merdeka, atau istana boneka. Kalo gw lewat sana, pasti mereka semuanya memberi hormat dan salam. Kenapa? Ya jelas lah, karena uban gw sekarang udah bejibun, makanya gw disangka Hatta Rajasa atau Adnan Buyung Nasution.

Nggak deng, kayaknya sih belum separah itu. Kalo 10 tahun lagi sih mungkin aja.

Eittt...., kepada TomiONGers, jangan langsung kabur dari sini dong. Masa gara2 isi postingan gw gak sesuai judul, pada langsung ngambek.

Sebenarnya kata demi kata tadi ada hubungannya kok sama "Perbandingan umur manusia zaman dahulu dengan sekarang".

Suka nggak suka, umur maksimal manusia dari zaman ke zaman emang menurun. Maksudnya apa? Begini, masih inget gak sama kisah Nabi Adam? Beliau meninggalnya kan di umur ke 900an tahun lebih (kalo nggak salah, tapi kalo emang salah, mohon mangap). Nah, waktu zamannya Kerajaan Majapahit, ada yang inget gak Raden Wijaya dan Patih Gajah Mada meninggal di umurnya yang ke berapa? Tau nggak? Kalo nggak tau, mendingan TomiONGers diem aja, soalnya gw sendiri juga gak tau.

Ya pokoknya gitu lah. Coba sekarang, umur 60an, udah sakit2an (gak semuanya sih, ini kan cuma rata2). Bahkan ada yang baru umur 13 tahun, udah ubanan stadium 3 nyaris 4. (tuh kan, uban emang ada kaitannya sama judul postingan gw kali ini).

Bagaimana ya di masa mendatang? Apakah mungkin di waktu itu, beruban banyak di umur ke13 adalah sangat wajar dan lumrah? Maybe yes, maybe no. Tapi supaya gak melongo dan supaya bisa dilanjutin, gw ambil kemungkinan pertama, yaitu "bisa jadi, kenapa nggak?".

Mungkin di masa itu, setiap orang berumur 10 tahun, sudah sakit2an, ya kurang lebih kondisinya sama dengan orang yang berumur 100 tahun di masa sekarang. Kemudian orang yang berumur 2 tahun sudah berkarir dan bahkan sudah berumah tangga, kok bisa? Ya siapa tau di masa depan orang udah mulai mimpi basah atau menstruasi di umur 1 tahun atau bahkan sejak lahir. Di masa itu, orang yang berumur 3 tahun sudah menjadi seorang pengarang terhebat di kelasnya.

Sebenarnya sih zaman sekarang udah ada anak kecil yang ahli di bidangnya. Misalnya, seminggu yang lalu, si Pandu (ya, ya, gw tau. Nama Pandu memang selalu tercantum di setiap postingan gw. Kalo lu mau gw cantumin juga, silahkan kirim e-mail ke jodi.santos.30@gmail.com. Tarif pencantuman nama murah kok, cuma Rp1.000.000/posting). Dia memamerkan sehelai kertas yang berisi tulisan hasil karya temennya. Sekarang sih ada di rumah gw, soalnya gw embat aja tuh kertas. Berikut ini isi tulisannya tanpa gw ubah, kecuali tanda baca dan ejaan kata:

"Ada cewek = pelajar 3 SMP. Di sekolah dia dijauhi oleh teman-temannya karena suatu sebab. Sehari-harinya di sekolah, ia hanya terus-menerus memperhatikan pelajaran yang diterangkan oleh guru, dari sebuah bangku di pojok kelas.

Ia makan di kantin sendirian tanpa seorang temanpun yang mau menemani, bahkan ia tidak pernah berbicara dengan siswa-siswi sebayanya. Setiap ulangan atau ujian, ia selalu mendapat nilai yang bagus, seperti 9 & 10. Mungkin itu karena ia selalu belajar, bahkan hanya itulah yang bisa ia lakukan."

Udah kelar woy... TomiONGers saya harapkan untuk bangun dari tidur.

Keliatannya sih, dari gaya bahasa dan jenjang pendidikan yang ditempuh oleh si tokoh, cerita tadi adalah cerita NYATA berupa curhat si penulis yang dijadikan sebagai 'nasib' tokoh utama. Tapi keren kan? Kalo gw nerusin cerita tadi jadi novel, pasti hasilnya lebih laris dan lebih sukses daripada "Laskar Pelangi". Mungkin ada baiknya kalo novelnya gw kasih judul "Laskar Cinta" atau "Laskar JAMU GENDONG".

Selain jadi pujangga, anak sekarang juga sudah mempersiapkan bekal untuk di alam baka nanti. Salah satunya adalah temen gw, Dylan (kali ini bukan Pandu. Soalnya Pandu belom bayar tarif pencantuman nama. Masa gitu aja gak mampu?). Dylan bercita-cita menjadi seorang ustad. Sebenarnya dia sih gak pernah ngomong gitu. Cita2nya bisa gw liat sendiri dengan sangat jelas dari ucapannya jika sedang diledek atau dikatain sama orang lain, yaitu: "INALLAH MAAL SOBIRIN" (kalo gak salah artinya tuh: Allah bersama org2 yang sabar). Dia juga rajin solat 5x sehari, meskipun tiap kali solat cuma 1 rakaat.
DASAR ORANG PELIT. Sekali pelit, TETAP PELIT!

4 comments:

  1. -untung nama gua gak dicantumin (lagi)
    -gak tau cara bold, italic, && underline dari hp? kirimkan uang Rp 1juta ke rumah saya
    hahaha

    ReplyDelete
  2. gw suka neh sma post lw yg ini,....suatu perbandingan dlm sejarah,...gw izin copy y,...bwt artikel simpenan gw,.....keren bgt lw bwt perbandingan seperti ini,....
    btw thanks y dah buka blog gw n coment d blog gw,...
    slam knal yupz,..

    ReplyDelete