Friday, March 6, 2009

Rumor di tengah outdoor

Weitss,, udah lama banget yak gw gak posting lagi. Biasalah, namanya juga BLOG TANPA BEBAN.

Masih inget gak kalo gw gak boleh ikut kegiatan outdoor dari sekolahan, gara-gara dikutuk ama caleg? Postingannya bisa dilihat di sini. Nah, mengingat gw udah sembuh dari penyakit yang mirip demam berdarah itu, gw langsung diizinin sama ortu untuk ikut outdoor. Yaudah deh, tau sendiri kan kalo misalnya kita dilarang sama seseorang untuk melakukan yang kita suka, tapi tiba-tiba orang itu ngizinin, perasaan lu gimana? Pasti seneng kan?? Gw aja serasa terdengar lagu "Tak Perlu Keliling Dunia", tapi sayangnya ternyata yang nyanyi adalah Ryan dengan suara kakek-kakek.

Meskipun temen-temen sekelas gw udah pada hapal+bisa menyanyikan lagu "Nonton Bioskop"nya Bing Slamet, gw tetep bersedia start dari nol. Lagu ini mesti diramein supaya mendapat aspirasi positif dari kelas-kelas yang laen. Gw rela mendengarkan suara gitarnya Emon yang asal digenjreng-genjreng aja sama si empunya. Gw rela mendengarkan suara Auli yang nyanyinya udah kayak tikus kejepit yang lagi mau diusir ama Pak Hombing. Gw juga rela ngedengerin suara Juno yang udah kayak make doping, namun dengan gaya Rian D'Masiv. Tentu saja rela karena demi kelancaran kegiatan outdoor ini.

Sampai akhirnya, aku tau satu hal...

Sinetron mode: On
(Maap ya Rip, gw gak maksud bwat ngatain n menghina sinetron...)

Dan satu hal itu adalah...

SELEKSI IJSO DIADAIN TANGGAL 5 MARET!!!

5 Maret? Itu bukan hari valentine. Itu bukan hari imlek. Itu juga bukan harinya Si Rudy nyolong HP. Tapi, ITU HARI BERTEPATAN DENGAN KEGIATAN OUTDOOR!!!

JREEEENG
STAMINA ON (Ini bukan iklan)

Oh ya lupa. Beberapa hari sebelumnya gw daftar untuk ikut IJSO. IJSO stands for International Junior Science Olympiad. You know, it's a science olympiad. One of the must to participate there is to have three '9' scores in either Math or Science. Of course I did it. There's no surprise that I could join with other students in order to be a winner in IJSO.
Cincah Laurah Mode: ON

Hehe, maaf kalo ada TomiONGers yang gak ngerti. Silahkan komen ke blognya Arip. Dia pinter banget Bahasa Inggrisnya.

B2T, gw dihadapkan pada dua pilihan yang sama-sama penting. DILEMA menghampiriku. Gw bertanya apakah gw bisa...

NGIKUTIN DUA-DUANYA


Ya. Gw harus ngikutin kedua peristiwa penting tersebut.

KENAPA GW HARUS IKUT OUTDOOR?


1. Udah bayar 300.000

2. Udah dibagiin kaosnya

3. Pengen ngeliat betapa GAK ENAK DILIAT kalo ada 2 anak dari kelas 8J jadi MC

4. Pengen dengerin radio berjamaah


KENAPA GW HARUS IKUT IJSO?

1. Menunjukkan bahwa nilai matematika gw yang asli itu bukan 75.

2. Pengen ngumpul sama orang-orang pinter. Kenapa? Biasanya kalo ngedeketin orang pinter tuh jadi ketularan pinter. Nah, gw sekarang di 8J temenan sama orang-orang BEJAT. Berarti, gw udah ketularan dong???!!!

3. Kalo menang dapet duit. Bisa buat beli HaPe baru.

4. Kalo menang bakalan dikarantina selama 6 BULAN. Itu artinya, THERE'S NO METROMINI 69 IN MY DAILY ACTIVITIES ANYMORE.

5. Walaupun seandainya kalah, gw tetep dapet pengalaman.


KENAPA GW HARUS IKUT DUA-DUANYA?
Satu alasan: GW GAK MAU RUGI.
Lucifer Mode: ON

Seleksi IJSO dari jam 08.00 s.d. 16.00. Gw mencari tau ada gak guru yang nganterin gw kesana abis pulang dari kompetisi tersebut. Gw nanya-nanya, bahkan nelponin ke Kepala Sekolah!!! Dan hasilnya, GAK ADA YANG BISA GW TUMPANGIN. Hiks hiks...
Gw gak mungkin deh ikut outdoor, kecuali kalo gw nekat naek Bis Santoso, Dedy Jaya, Maju Lancar, ataupun bis antar kota lainnya tujuan Bandung. Tapi resiko nyasar sangat tinggi. Gw emang sering nyasar, misalnya di Kebon Jeruk, Palmerah, Senayan, Senen, dan masih banyak lagi. TETAPI, semuanya itu di daerah Jakarta. Kalo nyasar di Jakarta, gw gampang aja nyari jalan pulang. Yaitu dengan NANYA KE TUKANG ATAU ABANG-ABANG WARUNG, sambil ngebeli jajanan supaya orangnya mau ngasih tau jalan.
Bagaimana kalo gw nyasar di Bandung, dan gw nanyain jalan ke Mas-mas warung di sana?

Gw: Mas, beli dong itu, aqua gelas.
Mas Warung (M): (Ngambilin aqua gelas)
Gw: Mas, ngomong-ngomong kalo mau ke Ciledug naek apaan yak?
M: Kumaha damang?
Gw: Hah? Muka gw mirip si AMANG? Mukegile luh, mau luh gw timpuk SEPATU?
M: Oh, PANGESTU.
Gw: Mas itu bapaknya Pandu Raka Pangestu?
M: ???!@#$%^&*()(*&^%$#@

Apa mau dikata, kalo udah gak bisa ikut. Yaudah deh gw konsen aja ke pilihan yang satunya lagi. Seharian gw SMSan sama si Rudy dkk tentang bagaimana keadaan di Bandung. Eh gak seharian juga sih. Kalo lagi tes kan gak boleh nyalain HenPon.

OOT dikit neh, gw mau cerita apa aja yang terjadi selama tes tersebut. Ternyata seluruhnya tuh PSIKOTES. Ya ilah, IQ gw jongkok lagi. Jadi tuh seleksi dibagi jadi 2 sesi. Yang pertama dari jam 8 s.d 12. Trus istirahat makan siang. Trus sesi kedua dari jam 1 s.d 4. Masuk ruangan, gw dikejutkan oleh antusiasme publik (baca: peserta laen+pengawas) terhadap dunia entertainment. Kenapa gw bisa bilang gitu? Begini, selaen gw masih ada 3 orang perwakilan dari SMP 19 tercinta. Salah satunya Ipat. Nah, waktu dia masuk ruangan, orang-orang langsung HEBOH. Yah, kayak misalnya ada yang ngomong "Eh itu kan Ipat!", "Waw, Ipat yang bawa acara Unyil itu kan?". Kurang lebih sama kayak reaksinya Pandu waktu ketemu Raditya Dika.

Di sesi pertama, soal-soal tesnya tuh mengisyaratkan seolah-olah ini bukan lomba Sains, tapi uji kewarasan. Ada soal logika lah, verbal lah, dsb. Ada juga sih soal Matematika Dasar 22 soal. Tapi sesuai namanya, itu tuh soal dasar atau simpel. Misalnya: "Seorang Juno mampu mengabiskan 1 baskom bakso beserta baskomnya selama 5 menit. Berapa baskomkah jika Juno makan dalam waktu 15 menit?" Ada juga sih soal IPA 50 biji. Di lembar soal tertulis: "Soal Sains Dasar" Tapi ternyata soalnya tidak semudah judulnya. SUSAH BANGEEEEET.

Di sesi kedua, lebih FREAK lagi. Seluruh peserta IJSO diberikan dua lembar kertas. Satunya udah ada gambar titik, garis dsb, jadi tuh titik n garis mesti dilanjutin membentuk suatu objek. Kertas yang satunya, adalah KERTAS KOSONG. Peserta diwajibkan menggambar manusia dengan lengkap (dari ujung kaki ke ujung kepala), trus di baliknya mesti ada judul, cerita (deskriptif atau naratif), dan sifat-sifat okoh yang positif plus negatif. Percaya gak gw gambar apa? Gw gambar orang utuh make kaos+celana bola+bolanya, dengan judul: SANG PESEPAK BOLA CILIK. Di sana gw memakai nama 'Ryan' sebagai tokoh utama. Maap Yan, nama lu gw pinjem doang kok, ntar hari Selasa gw balikin.

Nggak cuma itu. Di sesi kedua ini peserta dikelompokkan enam-enam atau tujuh-tujuh. Kemudian disuruh ngambil salah satu kartu yang dibaliknya ada judul/tema. Tema yang kita dapet itu musti DIPRESENTASIKAN! Abis itu ada yang nanya deh. Waw, gw banget. Bagi anak-anak 8J pasti tau dah gimana gaya gw kalo lagi presentasi IPS. Gaya ini pun gw terapkan kembali, namun dengan tema "Cara Belajar". Trus, setiap ada anak laen yang presentasi, selalu aja gw tanyain dan gw memberikan tanggapan. BIAR DAPET NILI TAMBAH.

Pulangnya gw kan naek Patas 44 (Senen-Ciledug). Gw SMSan sama Rudy, gak dijawab. Kesel gw. Tapi gw baru nyadar Rudy kan miskin pulsa. Otomatis gw langsung Bad Temper di Patas, apalagi gak dapet jatah tempat duduk+sebelumnya gw kehujanan.

Sampe rumah ternyata udah jam setengah 8. Gw mandi, makan, tidur-tiduran. Tiba-tiba udah jam setengah sepuluh. Gw pun kembali SMSin anak 8J yang lagi outdoor.

Here the real story goes...

Kali ini gw memilih Arip sebagai target SMS jayus. Berikut isi SMS gw:

The sequel of "Harry Potter and The Prisoner of Azkaban"
Coming soon!
HARRY POTTER and The Souvenir of AZERBAIJAN


Tak ada jawaban dari Arip. Oh ya lupa ngasih tau. Final IJSO kali ini tuh bakal diselenggarain di Azerbaijan.

Namun beberapa lama kemudian, gw terima SMSnya si Dylan:

Jodi!! Elu lolos? Klo bener selamet ye, gk sia2 gw bdoa 7hr 8 malem. Jgn lupa oleh2...

Gw pun ngebales:

Gak lah. Blom. Becanda doang. Wahaha.


Pas jam 1 malem, gw kembali menerima SMS, kali ini dari Juno:

Selamat ya Jod!

Perasaan gw udah gak enak. SMS klarifikasi gw ke Dylan udah delivered. Itu artinya, si Dylan gak nyampein yang sebenarnya... Tapi karena udah malem, gw urungkan niat untuk klarifikasi lanjutan.

Jam 1 siang ini, Arip nelpon gw:

Arip(A): Halo Jod. Lu jadi ke Azerbaijan?
Gw: (Shock) APA?
A: Lu kan kemaren SMSin gw, katanya lu menang.
Gw: Menang darimane? Pengumumannya aja blom. Tuh SMS cuma bwat ngebanyol aja.
A: Oh blom toh.
(Terdengar oleh gw suara anak-anak 8J yang nyorakin gw rame-rame)
Gw: Emangnya si Dylan gak ngasih tau?
A: Ngasih tau apaan?
Gw: Gw kan udah SMSin dia, gw udah ngasih tau kalo PENGUMUMANNYA ITU BELOM!!!
A: Dylan gak pernah ngasih tau gitu kok.

*****
Gw pun berhasil mengklarifikasi rumor di tengah outdoor. Sampai postingan ini diturunkan, gw gak tau apakah guru-guru juga menjadi korban rumor yang disebabkan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Semoga aja nggak deh. Kalo ya, gw mesti ngomong apa?

2 comments:

  1. Wah, outdoornya asik loh, jod!!!!
    rugi lo ga ikut, heheheh (biar ngiri)
    oiya, btw, gw gajadi jadi mc ama juno....
    selengkapnya lu liat blog gw aja. sekarang lg tahap posting, nih.

    ReplyDelete