Sunday, October 11, 2009

Aku Jarang Online

Blogger yang up-to-date tidak akan berkata sesuai judul postingan ini. Akan tetapi kenyataannya, khususnya di Indonesia, lebih banyak blogger musiman daripada blogger sejati. Ya, blogger musiman(udah kayak duren aja..)adalah bogger yang ngepost sesuai "mood" mereka. Blogger jenis ini seringkali muncul pada saat liburan, jarang sekali mereka menampakkan diri ketika Ujian Nasional (bagi pelajar) atau Hari Lembur Nasional (bagi orang kantoran).

Tidak perlu cari jauh-jauh, penulis di blog ini juga termasuk blogger musiman. Tetapi untungnya ada yang memotivasi saya, yaitu salah satu anggota forum yang sama dengan forum yang saya ikuti. Ia "menimpuk cendol" alias memberikan tanda reputasi positif kepada akun saya. Meskipun kedengarannya tidak penting, karena memang gak penting sih, "cendol" merupakan tanda penghargaan yang tinggi, 50 kali lebih tinggi daripada "Like this" di Facebook. Itu arinya "Like this" lebih gak penting lagi. Untuk apa menyukai status teman yang hanya berupa, "Aduh bosen nih," "Pusing, Jakarta panas bgt sih," atau mungkin "Baru balik dari rumah teman." Hehe.. maaf ya, yang tersinggung berarti pernah.

Motivasi yang dimaksud di atas bukan berarti menjadikan saya blogger sejati. Saya akan tetap menjadi blogger musiman, hingga batas waktu yang belum jelas. Hanya saja, musimnya itu diperpanjang, dengan kata lain saya akan berusaha membuat post ketika ada kejadian yang pantas diceritakan. Kalo gak pantas, ya gak perlu. Biar lebih jelas dan rinci, baca terus ya.

Hal-hal yang pantas diceritakan di blog:
- Kejadian yang memalukan yang dialami teman (musuh boleh juga sih).
- Foto-foto yang kita ambil yang menunjukkan kelucuan (misalnya, mobil dengan plat nomor jorok, maksudnya belum dicuci).
- Pengalaman kita di kota lain (pulang kampung, kegiatan outdoor, dan semacamnya).
- Puisi atau lagu yang kita buat sendiri (jangan lupa dipatenkan dahulu)
- Info yang sesuai dengan tema blog anda (misalnya blog anda tentang henpon, berarti anda tidak pantas ngepost tentang silsilah dan sejarah mbok anda).
- Dll.

Hal-hal yang TIDAK, sekali lagi, TIDAK pantas dipost:
- Konflik SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar-golongan, CMIIW). Menjelek-jelekkan sekolah atau kantor blogger lain juga termasuk di dalamnya.
- Pembongkaran aib anda sendiri (hehe.. jangan tersinggung gan)
- Penyombongan diri anda sendiri secara berlebihan (misal: "Eh tadi gua ketemu sama artis loh. Tapi anehnya dia malah minta tanda tangan gua. Aduh jadi dag dig dug der nih. Rasanya udah kayak jadi pemaen bola Taufik Hidayat itu deh.")
- Pornografi (kecuali mau cobain enaknya kena UU ITE dan UU APP).
- Dsb.

Kalo postingannya OOT (keluar dari topik) tidak jadi masalah. Justru akan membuat hal yang dibahas akan tambah berwarna, tidak memberatkan titik jenuh pada satu pembahasan saja. Seperti pada pelajaran Bahasa Indonesia, gagasan utama pada teks memang hanya satu, tetapi gagasan turunannya bisa lebih dari satu.

Oh ya itu saja deh yang perlu dipost untuk sekarang ini.
Bagi yang satu sekolah dengan saya, saya mengucapkan:
"SELAMAT MERAYAKAN PEKAN ULANGAN TENGAH SEMESTER. Jangan mencontek kepada teman ataupun buku paket. Jangan bertanya jawaban kepada teman dengan sandi siul, sandi batuk, sandi jari tangan, dan sebagainya. Jangan menulis rumus-rumus di tangan, kaki, ataupun kertas yang disembunyikan di kantong anda. Dan yang paling penting, jangan sering-sering keluar kelas dengan alasan ingin ke kamar kecil."

NB: Tulisan yang di-bold di atas tidak berarti saya pernah melakukannya, saya tahu hal tersebut karena sudah menjadi RAHASIA UMUM. Bagi saya lebih baik remedial daripada melakukan hal tersebut. Dan lebih baik dapat 100 daripada remedial. Apakah mencontek lebih baik daripada dapat 100? (lho?)
KAMI HANYA MENGABARKAN, ANDALAH YANG MEMUTUSKAN.

No comments:

Post a Comment